Parkir dan Toilet Job Fair Dikeluhkan Pelamar

Ilustrasi Ilustrasi

detakbanten.com SERANG – Parkir kendaraan roda dua dan roda empat, serta tidak adanya toilet umum bagi para pengunjung job fair yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten di halaman masjid Al-Bantani Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), dikeluhkan pelamar. Hal itu menyulitkan warga karena letak parkir dan pendaftaran jaraknya tidak strategis.

Ami (22) Salah seorang warga Kabupaten Pandeglang yang berkunjung dalam job fair tersebut mengatakan, dirinya sangat lelah jika masih harus berjalan kaki dari lokasi parkir motor ke tempat pendaftaran, dan pengambilan formulir peserta job fair.

“Setelah ngambil formulir pendaftaran, lokasi pengembaliannya pun jauh lagi, dan harus berjalan kaki. Ini sungguh sangat melelahkan,” ujar Ami.

Selain itu, harga parkir motor di acara Job Fair tersebut terkesan sangat mahal. Sebab, untuk sepeda motor ditarif senilai Rp3000, sedangkan untuk mobil Rp5000. Hal itu tentu memberatkan pengunjung yang nota bene ingin mencari kerja, dan belum memiliki penghasilan.

“Kita ke sini bukan untuk buang uang, tapi buat nyari kerja. Tapi harga parkir ini memberatkan kami. Apalagi harus keluar masuk untuk foto copy persyaratan, lumayan juga,” ungkapnya.

Senada dikatakan Arif warga Ciruas Kabupaten Serang mengeluhkan tidak tersedianya toilet umum untuk para pengunjung job fair yang diperkirakan mencapai ratusan, bahkan ribuan orang. Jika harus menggunakan toilet masjid, tentu masyarakat merasa sungkan.

“Biasanya kan kalau ke masjid itu hanya waktu akan sholat saja. Jika sengaja untuk keperluan lain, ini bukan kebiasaan warga Serang. Harusnya pihak panitia mendahulukan fasilitas ini untuk kepentingan umum,” katanya.

Arif juga menyatakan, tidak adanya toilet seolah menandakan bahwa Pemerintah Provinsi Banten terlalu menyepelekan hal itu yang merupakan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan. “Toilet umum ini kan sangat penting. Apalagi kalau ke masjid harus buka sepatu dan sandal, jadi repot. Kalau mau sholat sih tidak soal, ini kan mau mendaftar job fair,” ungkapnya.

Terpisah, Kasie Penempatan Kerja Bidang Pelatihan dan Penempatan Kerja dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten, Pipin mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk menyediakan sarana toilet umum dalam pameran tersebut. Namun, karena terdapat agenda Pemprov di wilayah Tangerang, maka seluruh fasilitas itu sementara dialihkan.

“Kita sudah koordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (SDAP) Banten, dan dinyatakan siap. Tetapi, karena hari ini (red-Rabu) di Tangerang juga, ada acara lain, sehingga semua mobil untuk sarana toilet umum, dipakai ke sana. Tapi sore ini sudah ada kok. Jadi, besok sudah tersedia toilet umum,” jelasnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top