>
Print this page

Harga Kebutuhan Pangan Meroket, Rano Turun Gunung Sidak Pasar Modern Di Tangsel

Gubernur Banten, Rano Karno saat sidak di salah satu lapak penjual daging yang ada di pasar Modern BSD, Serpong. Gubernur Banten, Rano Karno saat sidak di salah satu lapak penjual daging yang ada di pasar Modern BSD, Serpong.

detaktangsel.com SERPONG -- Gubernur Banten, Rano Karno, akhirnya turun gunung melakukan sidak (Inspeksi Mendadak). Sidak yang dilakukan pemeran 'Si Doel Anak Sekolahan' bersama rombongan Badan Pengawas Obat-Obatan dan Makanan (BPOM) provinsi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tangsel itu, tak lain untuk mengecek laju inflasi lantaran meroketnya harga beberapa kebutuhan pokok di pasar-pasar yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jelang Idul Fitri 1437 Hijriyah.

Seperti yang terlihat di Pasar Modern BSD, Serpong, Selasa kemarin. Rano yang akan bertarung kembali di Pilgub Banten 2017 mendatang sebagai incumbent itu mengungkapkan, sidak yang dilakukannya bertujuan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan tetap tercukupi serta sebagai upaya mengendalikan inflasi.

"Menjadi hal yang relatif seiring dengan banyaknya permintaan terutama saat menjelang lebaran dimana harga kebutuhan mengalami kenaikan," ucapnya.

Untuk itu, Rano meminta agar masyarakat yang akan melaksanakan hari raya Idul Fitri nanti supaya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan yang ada di masyarakat.

"Harus realistis dan sesuai kemampuan," tuturnya.

Tak hanya itu, Rano juga mengatakan sidak ke lokasi pasar tersebut untuk memastikan bahan-bahan pangan yang dijual di pasar secara bebas dan dikonsumsi masyarakat, bebas dari bahan pengawet. Sebab, jika bahan makanan yang sudah tercampur dengan bahan pengawet, imbasnya akan merugikan semua pihak tak terkecuali si pedagang penjual bahan makanan tersebut.

"Untuk memastikan aspek kesehatannya, kita sudah lakukan pengecekan di beberapa lapak penjual ayam dan daging. Alhamdulilah kesadaran pedagang dalam membuat makanan semakin baik," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masayarakat Veteriner Propinsi Banten Aan Awanah mengatakan, dari 20 sampel alat tester yang dilakukan pengujian secara menyeluruh terhadap bahan makanan seperti daging ayam, sapi dan lainnya, hasilnya negatif. Artinya, tidak ditemukan kandungan zat dan bahan berbahaya dari bahan pangan yang dijula di pasar tersebut.

"Hasil pengecekan semuanya Negatif. Untuk daging merah yang diperiksa juga bagus masih segar," singkat Aan.

Untuk diketahui, sidak yang dilakukan Gubernur Banten, Rano Karno dan rombongannya ke pasar modern tersebut, sebelumnya telah dilakukan oleh Pemkot Tangsel, belum lama ini. Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh Pemkot terhadap sejumlah bahan makanan, belakangan diketahui terdapat makanan jenis tahu yang didalamnya mengandung bahan pengawet berbahaya

Rate this item
(0 votes)

Related items