Pesawat Tenaga Surya "Solar Impulse 2" Lepas Landas dari New York

detakbanten.com NEW YORK - Pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 lepas landas dari Bandara JFK di New York pada Senin pagi untuk menyeberangi Samudra Atlantik sebagai bagian dari penerbangan mengelilingi dunia guna mempromosikan energi terbarukan.

Pesawat tersebut diterbangkan oleh petualang Swiss Bertrand Piccard. Penerbangan diprediksi akan memakan waktu sekitar 90 jam sebelum mendarat di Bandara Seville, Spanyol.

"Ini merupakan kali pertama saya lepas landas dari JFK," ujar Piccard melalui layanan streaming langsung dari pesawat saat ia lepas landas sekitar pukul 2.30 waktu setempat, seperti dilaporkan AFP.

Solar Impulse 2 memiliki bobot tidak lebih dari mobil, namun lebar sayapnya seukuran Boeing 747.

Dalam penjelajahan mengelilingi dunia sejauh 35 ribu kilometer tersebut, pesawat secara bergantian diterbangkan oleh Piccard dan wirausahawan Swiss Andre Borschberg.

Piccard menerbangkan Solar Impulse 2 untuk leg ke-15 dalam perjalanan menjelajahi dunia yang dimulai 9 Maret 201 di Abu Dhabi. Ia telah mengelilingi Asia dan Pasifik sebelum tiba di Amerika Serikat dengan sumber energi pesawat dari matahari.

Rate this item
(0 votes)
Go to top