KPU Bentuk Relawan Demokrasi

KPU Bentuk Relawan Demokrasi

SERANG- Salah satu untuk memberikan pendidikan dan pemahaman kepada masyarakat, KPU Kota Serang membentuk relawan demokrasi, Hal itu dilakukan untuk membantu kinerja KPU dalam sosialisasi.

"Saat ini masih tinggi angka masyarakat yang golpu (Golongan putih,red) alias tidak menggunakan hak suaranya," ungkap Ketua KPU Kota Serang, M Arip Iqbal, Kamis (12/12).

Ia menilai, tinggi masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya, diantaranya karena ketidak pahaman akan pentingnya menggunakan hak suaranya, karena hal tersebut akan menentukan lima tahun kedepan pemerintahan. "Para pemilih di kita ini masih tradisional rata-rata, bahkan lebih mementingkan uang yang tak seberapa untuk memilih calon yang asal," katanya.

Maka dari itu, dibentuklah relawan demokrasi ini, agar masyarakat menjadi pemilih cerdas dan tidak mengedepankan transaksional, atau golput pada pemilu nanti. "Jadi tugas relawan ini yang nanti mensosialisasikan kepada masyarakat. Atau relawan juga bisa membuat pelatihan, dengan mendatangkan KPU sebagai narasumbernya,"katanya.

Ia juga menambahkan, jika pembentukan ini berdasarkan surat edaran dari KPU RI, yang berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, dan beberapa intansi lainnya. "Para relawan juga kami berikan honor, perbulannya, dan kami harapkan dengan dibantu oleh para relawan ini yang akan mensosialisasikan kepada masyarakat, maka tingkat partisipasi pemilih meningkat,"pungkasnya. (new).

Read 2559 times
Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online