TRUTH : Hubungan Kausalitas di Kasus Alkes Tangsel

Koordinator TRUTH, Suhendar Koordinator TRUTH, Suhendar

PAMULANG- Tangerang Public Transparency Watch (TRUTH), mendukung penuh KPK menuntaskan  kasus Alkes Dinkes Tangsel , Koordinator TRUTH Tangsel, Suhendar memberikan hasil penelitian Truth yang hasilnya ada Hubungan Kausalitas dalam kasus tersebut, kepada detaktangsel.com, Kamis (12/12).

Suhendar menjelaskan, Hubungan kausalitas dibangun oleh hubungan antara suatu kejadian (sebab) dan kejadian kedua (akibat atau dampak), yang mana kejadian kedua dipahami sebagai konsekuensi dari yang pertama.

" Hubungan kausalitas mungkin terjadi dan bisa benar terjadi dalam kasus Alkes Tangsel, Truth coba mengurai kasus tersebut,semoga bisa jadi manfaat dalam menuntas kasus Alkes Tangsel." jelasnya.

Ini hasil penelitian TRUTH dalam Hubungan Kausalitas:  conditio sin qua non-nya adalah Kepala Dinas Kesehatan, Dadang M.Pid, sebagai Pengguna Anggaran (PA) melaksanakan pengadaan barang/jasa dan Walikota sebagai kepala Pemerintahan kota Tangsel memastikan posisi itu,  meski harus mnggabaikan rekomendasi BPK. Inilah 'gambaran' keterlibatannya, baik langsung maupun tidak langsung.

Berdasarakan penelitian kami pada  Dinas Kesehatan kota tangsel, dalam pengadaan barang/jasa TA 2012, ada beberapa faktor yang mmperkuat dugaan adanya praktek 'monopoli' tersebut, yaitu:

1. Dengan  ambang batas nilai kontrak terbesar (3,8miliyar) terdapat 11 proyek pada pengadaan barang/jasa Pemkot Tangsel TA 2012, 6 diantaranya berada pada  Dinas Kesehatan. 6 dari 5 proyek terbesar tersebut kemudian dimenangkan oleh rekanan yg memiliki keterkaitan  dengan TCW, yaitu: PT. GUNAKARYA NUSANTARA ( 2 proyek),  PT. MIKKINDO ADIGUNA PRATAMA ( 2 proyek), dan PT. MARBAGO DUTA PERSADA  (1 proyek )

2. Secara keseluruhan, pengadaan barang/jasa TA 2012,  pada  Dinas Kesehatan sebanyak 32 proyek, 16 proyek diantaranya dimenangkan rekanan yang berdomisili sama, yaitu: SERANG, dengan  total nilai kontrak (16 proyek trsebut) senilai Rp. 86,598,194,000

3. Dari 16 proyek  dengan  domisili sama: SERANG, terdapat 6 rekanan yang sudah menjadi rahasia umum  memiliki hubungan dengan TCW, yaitu PT. GUNAKARYA NUSANTARA, PT. MIKKINDO ADIGUNA PRATAMA, PT. MARBAGO DUTA PERSADA, PT. ADCA MANDIRI, PT. SUMBER AGUNG PUTRA dan CV. RADEFA.

Faktor-faktor  tersebut terjadi tidak  secara kebetulan. Hal ini merupakan bukti permulan, atau paling tidak sebagai petunjuk bagi penyidik untuk  membongkar 'monopoli proyek' pd Dinas Kesehatan Tangsel, pungkas Suhendar. (red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top