Musrenbang Tingkat Kelurahan Digelar, Dewan Tangsel Siap Kawal Perencanaan Pembangunan

Anggota DPRD Tangsel Eeng Sulaeman dan Abdul Rasyid saat mengikuti Musrenbang di Kelurahan Kademangan. Anggota DPRD Tangsel Eeng Sulaeman dan Abdul Rasyid saat mengikuti Musrenbang di Kelurahan Kademangan.

detak.co.id SETU--Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan telah dimulai, beberapa wakil rakyat hadir dalam kegiatan Musrenbang itu menjadi narasumber, sekaligus mengawal siklus perencanaan pembangunan.

Dimana hasil dari Musrenbang itu, nantinya akan dilihat skala prioritasnya untuk progres pembangunan pada anggaran 2018 nanti, sehingga usulan dari Musrenbang itu harus tersebar merata.

Seperti kegiatan Musrenbang yang digelar di Kelurahan Kademangan, Kecamatan Setu, kemarin. Dalam kegiatan itu hadir Anggota DPRD Kota Tangsel Eeng Sulaiman dan Abdul Rasyid. Dan hadir juga Camat Setu, Wahyudi Leksono.

Hadir seluruh perwakilan tingkat Rukun Warga (RW) di seluruh Kelurahan Kademangan, untuk menyampaikan usulan perencanaan pembangunan yang dibutuhkan untuk masing-masing RW.

Eeng mengatakan, bahwa yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Kademangan adalah Puskesmas, karena selama ini masyarakat Kademangan untuk pelayanan kesehatan masih menumpang di Puskesmas II Kelurahan Serpong.

"Dari Musrenbang ini, kita melihat yang paling dibutuhkan oleh masyarakat ialah keberadaan Puskesmas, di sini juga lahannya sudah punya jadi tinggal melakukan pembangunan Puskesmas saja di sini," paparnya.

Eeng juga mengungkapkan persoalan drainase menjadi usulan penting bagi masyarakat Kademangan. Karena saat memasuki musim hujan sering terjadi genangan air yang cukup tinggi serta butuh waktu agar genangan air itu kering. Dalam rapat Musrenbang itu, Eeng mengatakan bahwa hal terpenting adalah bagaiamana masyarakat dalam mengikuti Musrenbang tidak hanya sekedar meminta soal infrastruktur saja. Tetapi harus juga meminta program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Misalnya seperti menggelar pelatihan-pelatihan kewirausahaan, dan perbengkelan di setiap RW. Agar daya saing masyarakat kita kedepannya lebih baik," ungkapnya.

Sementara Abdul Rasyid mengatakan, DPRD Kota Tangsel hadir dalam setiap kegiatan Musrenbang untuk memastikan lancarnya siklus perencanaan pembangunan yang berangkat langsung dari kebutuhan masyarakat tersebut.

Terlebih lagi soal kebutuhan Puskesmas itu, Rasyid mengatakan pihaknya juga akan terus mendorong adanya Puskesmas di Kelurahan Kademangan lantaran keberadaannya cukup dibutuhkan oleh masyarakat.

"Puskesmas akan terus kita dorong, karena ini kebutuhan utama yang kami lihat," ujarnya.

Sedangkan Camat Setu Wahyudi Leksono mengatakan, pihaknya masih menunggu seluruh kelurahan selesai menggelar Musrenbang, agar bisa dilihat mana yang nantinya akan menjadi skala prioritas di Kecamatan Setu.

"Nanti setelah Musrenbang ditingkat kelurahan selesai, akan terlihat mana yang akan jadi prioritas," singkatnya.

Rate this item
(0 votes)
Go to top