Kenali Jantung Anda & Penanganan Emergency Serangan Jantung Akut

Dr. Hoyi Siantoresmi, MARS  Direktur RS Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Kota Depok saat membuka Media Gathering dengan tema "Penanganan Emergency  Pasien Serangan Jantung  Akut", Rabu (05/12/2018) Dr. Hoyi Siantoresmi, MARS Direktur RS Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Kota Depok saat membuka Media Gathering dengan tema "Penanganan Emergency Pasien Serangan Jantung Akut", Rabu (05/12/2018)

detak.co.id -  CINERE, KOTA DEPOK - Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, khususnya di negara-negara berkembang menjadi pekerjaan panjang bagi pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya.

Terlebih lagi, kesadaran akan kesehatan organ-organ tubuh yang vital, seperti jantung, paru, ginjal, dan mata seringkali terabaikan oleh sebagian besar masyarakat. sayangi jantungmu puri cinere 1Ketidakmampuan ekonomi seringkali menjadi alasan klasik dan menjadi hulu atas ketidaktahuan kesehatan dirinya dan keluarganya.

Menyoal pada kesehatan jantung sebagai salah satu organ tubuh yang sangat vital dalam keberlangsungan kehidupan, dan penyakit jantung menjadi momok yang paling menakutkan. Dalam kesempatan "Media Gathering" yang dilaksanakan pihak Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD)) Cinere, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (5/12/2018) dijelaskan bahwa Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan kontributor sekaligus penyebab kematian terbesar di dunia.

Dr. M. Barri Fahmi, SpJP selaku narasumber dan Moderator Dr. Jeffrey Wirianta,SpJP menjelaskan, sesungguhnya serangan itu datang secara tiba-tiba, mendadak, dan korban pun tidak tidak tahu bahwa dirinya memiliki masalah dengan organ jantung.

Kegiatan edukasi bagi masyarakat yang digagas RSJD Cinere dengan mengusung tema "Penanganan Emergency Pasien Serangan Jantung Akut di Guest House MaribayaPuri Cinere, Cinere Kota Depok, Jawa Barat merupakan upaya penyadaran diri bagi semua pihak untuk mengenal kondisi kesehatan jantungnya, sekaligus memahami deteksi dini atas gejala serangan jantung akut, serta cara penanganannya di Satu hingga 12 jam pertama.

sayangi jantungmu puri cinere 2"Penanganan atas serangan jantung akut pada satu jam pertama akan lebih baik bagi terhindarnya kerusakan organ jantung secara keseluruhan," papar Dr Barri.

Menurutnya, serangan jantung dapat dikenali dari gejala yang khas, dengan pola gambaran elektrokardiografi (EKG) yang jelas. Dalam kasus serangan jantung akut, lanjut Dr Barri, berdasarkan hasil laboratorium dan hasil pemeriksaan lain yang menunjang, bahwa enzim jantung terlihat spesifik.

Dr Barry menjelaskan, serangan jantung diakibatkan hilangnya aliran darah ke pembuluh darah jantung atau pembuluh darah koroner.

"Karena serangan jantung itu terjadi mendadak dan menyebabkan kerusakan yang dahsyat pada otot jantung, maka diperlukan tindakan segera untuk membuka sumbatan pada pembuluh darah koroner yang disebut Primary Percutaneous Coronary Intervention (PPCI)," imbuhnya.

Ia juga menambahkan, tindakan Primary PCI di RSJD Cinere merupakan tindakan minimal invasif yang harus dilakukan segera dalam waktu kurang dari 12 jam, sejak terjadinya serangan jantung. Tindakan tersebut, sebagaimana dipaparkan Dr Barri adalah tindakan medis di ruang katetenisasi oleh dokter jantung konsultan intervensi yang didukung oleh tim medis dan perawat yang berpengalaman.

"Primary PCI menggunakan bius lokal, biasanya dilakukan melalui pembuluh darah di pergelangan tangan atau paha dengan memasang stent/ring. Proses itu memerlukan waktu satu hingga dua jam, tergantung dari beratnya sumbatan yang ditemukan," terangnya lagi.

Pasca tindakan medis, lanjut Dr Barri, untuk kepentingan pemantauan dan pemulihan, pasien akan dirawat di ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) yang tersedia di RSJD Cinere.

sayangi jantungmu puri cinere 4Sementara itu, Dr Jeffrey Wirianta, SpJP menambahkan bahwa RSJD Cinere siap memberikan pelayanan
24 jam dalam sehari selama 7 hari dalam seminggu dengan kesiap-siagaan dokter jantung, dokter jantung intervensi dan dokter umum di ruang emergency.

Dipaparkan Dr Jeffrey, pelayanan optimal RSJD tidak hanya terhadap pasien mandiri tetapi juga terhadap pasien-pasien dengan jaminan BPJS.

"RSJD akan memberikan pelayanan optimal, tanpa membedakan mandiri atau BPJS. Yang penting bila menggunakan kartu BPJS tidak sedang bermasalah, atau kondisi BPJS nya memang aktif," ungkapnya.

Ditambahkan Dr Jeffrey, pelayanan Primary PCI di RSJD merupakan salah satu yang terbaik diantara 34 Rumah Sakit di Siloam Hospital Group dan sangat layak menjadi referensi penanganan serangan penyakit jantung akut

 

 

Rate this item
(0 votes)
Go to top