Inilah Tip Memutihkan Ketiak Secara Alami

ilustrasi ilustrasi

Detak.co.id LF - Ketiak merupakan bagian tubuh manusia berupa lipatan yang menghubungkan bagian lengan atas dan bahu. Ketiak juga termasuk bagian tubuh paling sensitif apabila digelitik. Pada saat laki-laki maupun wanita yang memasuki masa pubertas atau remaja, bagian ini akan mengalami pertumbuhan rambut.

Namun penumbuhan rambut tersebut sering kali menjadi masalah bagi kalangan wanita yaitu akan berkurangnya rasa percaya diri terutama pada saat berpenampilan maupun berbusana. Hal tersebut akan menjadi sebaliknya bagi kalangan pria, biasanya mereka akan tetap membiarkan rambut tumbuh dan hanya dicukur jika sudah lebat.

Penyebab Ketiak Hitam

Pada bagian ketiak ini ada beberapa masalah yang sering dialami seperti bau badan, ketiak menghitam, atau keringat berlebih. Dari ketiga permasalahan ini sudah pasti akan sangat mengganggu terutama bagi wanita yang ingin berpakaian ketat feminin tanpa lengan atau tank-top. Bagian ketiak yang menghitam umumnya disebabkan karena beberapa faktor, seperti :

1. Deodoran yang Tidak Cocok

Perlu diketahui pemilihan produk deodoran yang tidak tepat bukannya akan memutihkan ketiak malah justru menjadi penyebab ketiak menghitam. Hal tersebut biasanya disebabkan karena deodoran yang tidak ccocok dengan kondisi kulit. Sehingga kulit menjadi iritasi dan membuat ketiak menjadi lebih gelap.

2. Keringat yang Berlebih

Penghitaman yang terjadi pada kulit ketiak juga bisa terjadi akibat badan yang selalu berkeringat dan basah sehingga ketiak menjadi lebih lembab dan menghitam.

3. Faktor Genetik

Selain faktor diatas, faktor genetik juga berpengaruh terhadap kondisi ketiak berwarna gelap dan menghitam. Ketiak menghitam karena adanya faktor turunan dari kedua orang tua. Untuk kasus ini ketiak menghitam yang disebabkan oleh faktor genetik biasanya agak sulit untuk diatasi atau bersifat permanen. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin tetap melakukan usaha atau perawatan agar kulit ketiak menjadi lebih cerah dan putih.

4. Sering Mencukur Bulu Ketiak

Sangat disarankan jangan terlalu sering mencukur bulu ketiak, karena mencukur bagian tubuh ini mamang haruslah berhati-hati karen apabila tidak atau mungkin terjadi kerusakan pada kulit akan membuat ketiak menjadi hitam dan tidak enak dilihat.

5. Baju yang Terlalu Ketat

Bagi sebagian wanita memakai baju yang ketat dan seksi adalah suatu kebiasaan dan hal yang umum. Namun perlu diketahui penggunaan baju yang terlalu ketat terlalu sering akan menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap.

Untuk memperoleh tampilan kulit ketiak yang putih dan cerah memang dapat dilakukan secara instant yaitu dengan menggunakan produk kosmetika yang berfungsi memutihkan ketiak. Namun perlu diketahui kosmetik pemutih ketiak tersebut jika digunakan dalam jangka waktu lama dan sering akan berdampak buruk bagi kesehatan karena pada umumnya seluruh produk kosmetik pasti dibuat dengan campuran bahan kimia.

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Maka dari itu disini anda dapat memilih cara lainnya agar ketiak tetap putih dan cerah, solusi yang aman dan mudah adalah dengan memilih bahan alami yang digunakan sebagai perawatan pada area ketiak, seperti :

1. Kunyit

Cara menggunakannya yaitu dengan memarut kunyit kemudian dicampurkan dengan air secukupnya. Gosokkan ke seluruh bagian kulit ketiak dan biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih. Lakukan sebayak sehari sekali hingga memperoleh hasil yang diinginkan.

2. Mentimun

Satu buah mentimun yang diiris berukuran tipis atau tidak tebal dapat digosokkan langsung ke bagian kulit ketiak yang menghitam. Biarkan air mentimun menempel dan kering. Perawatan ini dapat dilakukan secara rutin hingga noda-noda hitam pada ketiak menghilang.

3. Gula

Gula merupakan bahan yang sering dipakai guna menambah cita rasa manis dalam pembuatan masakan, kue atau minuman. Namun tahukah anda kalau gula yang memiliki rasa manis ini juga dapat digunakan sebagai pengelupas sel-sel kulit mati. Sehingga kulit ketiak yang menghitam pun bisa dibersihkan dengan menggunakan scrub gula. Gula yang dicampurkan dengan sedikit air dapat diaduk-aduk sampai merata, lalu langsung dioleskan pada bagian ketiak.

4. Baking Soda

Salah satu khasiat dari baking soda yang sering digunakan dalam pembuatan kue yaitu dapat dilakukan dalam berbagai perawatan kecantikan. Banyak sekali manfaat dari bahan yang satu ini terutama untukkecantikanseperti memutihkan ketiak. Untuk memutihkan ketiak dengan baking soda yaitu dengan cara mencampurkan baking soda dengan air sampai campuran menjadi kental.

Kemudian oleskan pada bagian ketiak dengan larutan baking soda, biarkan semalaman. Agar dapat memperoleh hasil maksimal anda dapat mencampurkan baking soda dengan air dan bunga mawar. Selain dapat memutihkan ketiak, baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan.

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu umbi yang banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan atau kue lezat. Dalam dunia kecantiakn kentang juga berfungsi untuk memutihkan ketiak. Cara pemakaiannya adalah kita blender tanpa air atau parut kentang terlebih dahulu sampai halus, kemudian oleskan pada bagian ketiak dan biarkan beberapa saat hingga air kentangnya meresap ke dalam kulit.

6. Pepaya

Di dalam buah pepaya terkandung asam karbonat yang berguna untuk membantu mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Jadi untuk memutihkan ketiak disarankan anda dapat memilih buah pepaya yang masih hijau atau belum terlalu matang. Caranya haluskan atau parutlah buah pepaya kemudian oleskan ke permukaan kulit ketiak. Biarkan sampai 5 atau 10 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air.

7. Lemon

Seperti kita tahu banyak khasiat lemon yang bisa kita dapatkan untuk kecantikan, salah satunya adalah bisa untuk membantu memutihkan ketiak. Hal ini karena dalam buah lemon terkandung limonin yang bisa berfungsi sebagai pelembab untuk membantu melindungi kulit dari kusam dan infeksi jamur penyebab ketiak hitam.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, kita hanya perlu mengiris lemon menjadi dua bagian kemudian menggosokannya pada ketiak dan diamkan beberapa saat sampai meresap. Lakukan cara ini secara rutin agar kulit ketiak menjadi putih kembali.

8. Kulit Jeruk

Selain menggunakan lemon kita bisa juga menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan ketiak dengan cepat. Cara pakainya adalah dengan mengeringkan kulit jeruk terlebih dahulu dibawah sinar matahari baru setelah kering diparut dan campur dengan sedikit air mawar + susu hingga menghasilkan pasta. Pasta ini kita pakai sebagai scrub selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

9. Tomat

Tomat merupakan buah yang mengandung senyawa likopen, dimana senyawa ini merupakan antioksidan yang bisa melindungi dari radikal bebas pemicu hiperpigmentasi pada kulit. Selain senyawa likopen, di dalam tomat juga terkandung whitening agent yang bisa membuat kulit cerah dan juga mengangkat sel kulit mati pemicu ketiak hitam.

Cara pakainya adalah dengan menghaluskan tomat atau membuatnya jadi jus, kemudian oleskan pada ketiak, diamkan kurang lebih selama 20 menit hingga mengering, lalu basuh dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin 3-4 kali seminggu.

10. Lidah Buaya

Di dalam gel lidah buaya terkandung sebuah senyawa yang cukup efektif untuk membuang sel kulit mati dan mencerahkan kulit ketiak bernama senyawa anthraquinone. Selain itu kandungan lignin gel aloe vera dalam lidah buaya juga bisa melembabkan serta melindungi kulit dari iritasi yang dapat menghitamkan ketiak.

Cara penggunaannya cukup mudah, kita hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke ketiak dan diamkan selama 20 menitan, baru kemudian bilas menggunakan air hangat dan keringkan, lakukan cara ini secara rutin tiap hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Keseluruhan bahan-bahan diatas disarankan dapat digunakan secara rutin setiap harinya, hal tersebut bertujuan agar anda bisa memperoleh hasil yang maksimal dan sempurna. 

Rate this item
(0 votes)
Go to top