STROKE IN YOUNG PATIENTS : HEART AND BRAIN RELATIONSHIP (STROKE USIA MUDA)

STROKE IN YOUNG PATIENTS : HEART AND BRAIN RELATIONSHIP (STROKE USIA MUDA)

detak.co.id, JAKARTA - Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Kota Depok, Jawa Barat, secara berkala melakukan sosialisasi tentang kesehatan jantung dan fungsi organ tubuh lainnya kepada khalayak luas, termasuk kepada berbagai komunitas-komunitas yang ada di masyarakat.

Stroke (iskemik) ditandai oleh hilangnya sirkulasi darah secara tiba-tiba ke area otak, yang mengakibatkan hilangnya fungsi syaraf yang sesuai.

Stroke terdiri dari 2 tipe, yaitu stroke perdaraan dan stroke iskemik. Stroke iskemik dibagi 2 jenis lagi, yaitu stroke trombotik dan stroke embolik.

STROKE IN YOUNG PATIENTS 4

Dalam kesempatan Media Gathering yang dilaksanakan Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (03/03/2020) Prof. DR. Hamed Oemar, PhD, SpJP(K), FIHA, FJCC Spesialis Jantung/Pembuluh Darah/Konsultan Kardiovaskuler Senior RSJD Cinere menjelaskan, stroke Iskemik sebagai akibat dari gumpalan darah yang terbentuk didalam pembuluh darah arteri di otak.

"Sedangkan, Stroke Embolik adalah stroke yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah otak yang berasal dari bekuan darah yang traveling (berjalan) dari kejauhan, artinya dari ruang-ruang jantung atau pembuluh darah besar di luar otak, misalnya pembuluh darah vena di tungkai bawah (kaki)," paparnya.

STROKE IN YOUNG PATIENTS 3

Stroke kardioembolik (bekuan darah dari jantung) memberikan peran hingga sepertiga (30%) dari stroke iskemik pada orang dewasa muda. Namun, Stroke embolik jenis ini seringkali lebih sulit untuk didiagnosis. Salah satu isu yang paling sering diperdebatkan sekarang di dunia kesehatan dan kedokteran adalah peranan Patent Foramen Ovale (PFO) dalam kejadian emboli jantung yang mengarah kepada kejadian STROKE.

Menurut Prof Hamed Oemar, Prevalensi PFO pada populasi umum adalah sekitar 25%, dan bahkan lebih tinggi pada pasien stroke muda (hingga 50%). Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi hubungan antara PFO dan stroke kriptogenik, tetapi penemuan PFO tidak disengaja pada sepertiga pasien ini.

STROKE IN YOUNG PATIENTS 1

Bagaimana Stroke itu terjadi ?

Prof Hamed mengatakan, biasanya disebabkan oleh gumpalan darah yang menghalangi atau menyumbat pembuluh darah di otak. "Dalam beberapa menit, sel-sel otak mulai mati. Bilamana Anda pernah TIA (stroke ringan) dapat berarti Anda berisiko mengalami stroke yang lebih serius," jelasnya lagi.

Lalu, bagaimana Stroke pada usia muda ?

Prof Hamed mengingatkan, bahwa kita paling sering mendengar hal di atas, - stroke usia muda -, namun kita kadang belum atau kurang mengetahui sebabnya ? Hal ini sangat menarik untuk diketahui oleh masyarakat awam.

"Usia muda artinya umur 55 tahun atau dibawahnya. Sedang usia diatas 60 tahun disebut usia lanjut. Bilamana faktor penyebab stroke lain tidak ditemukan pada seorang pasien stroke usia muda, misalnya: tidak merokok, tidak darah tinggi (hipertensi), tidak menderita kencing manis (diabetes) dan tidak ada perkapuran sklerosis pada pembuluh arteri besar di jantung atau di pembuluh darah otak, maka penyebab stroke terbanyak pada usia muda adalah PFO (Patent Foramen Ovale)" terang Prof Hamed Oemar.

STROKE IN YOUNG PATIENTS 5

Ditambahkannya, pada mereka yang menderita stroke iskemik pada usia lanjut penyebab terbanyak adalah gangguan irama serambi jantung kiri yang disebut Fibrilasi Atrium (Atrial Fibrillation). Bilamana penyebab stroke – walaupun sesudah diperiksa rutin - tidak diketahui, maka diperkirakan 50% berasal dari Celah Bawaan pada sekat dua serambi jantung. Nama celah itu adalah Patent Foramen Ovale (PFO).

Read 265 times
Go to top

Copyright ©2020 Detak Group. All rights reserved. Support by pamulang online