Daerah

Jamaah Haji Kota Yogya Diberangkatkan, Termuda Usia 18 Tahun

32
×

Jamaah Haji Kota Yogya Diberangkatkan, Termuda Usia 18 Tahun

Sebarkan artikel ini

detak.co.id,  Yogya – Penjabat Wali Kota Yogya, Sugeng Purwanto melepas 353 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 47 SOC di halaman Balaikota, Kamis (23/5/2024).

Pemberangkatan jamaah haji ini menggunakan 9 armada bus menuju ke Embarkasi Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Seluruh jamaah haji kloter 47 SOC Kota Yogya ini telah tiba dan masuk Embarkasi Haji Donohudan pukul 19.00 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Sugeng Purwanto menyebut keberangkatan jamaah asal ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap ridho Allah SWT semata.

Pihaknya berpesan kepada jamaah haji agar tidak hanya fokus dalam beribadah. Melainkan juga tetap memperhatikan asupan makanan dan multivitamin untuk menjaga stamina dan kesehatan.

“Dengan bekal yang lengkap, fisik yang prima, dan hati yang mantap, Insyaallah seluruh jamaah haji akan dapat melaksanakan seluruh rukun dan wajib haji dengan sempurna,” bebernya.

Di akhir sambutan, ia meminta kepada para jamaah haji untuk juga mendoakan warga Kota Yogya agar kemakmuran dan ketentraman semakin meningkat, sehingga terwujud masyarakat yang sejahtera lahir dan batin.

“Diharapkan agar jamaah asal Kota Yogya dapat memanfaatkan kesempatan berhaji dengan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT,” katanya.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama (Kememag) Kota Yogya, Nadhif mengatakan jumlah jamaah tahun ini meningkat sedikit dibanding tahun lalu, yakni dari 353 jamaah pada 2023 menjadi 391 jamaah pada 2024.

“Pemberangkatan jamaah haji dibagi menjadi tiga kloter. Kloter pertama berangkat hari ini, kloter kedua akan berangkat pada 25 Mei 2024 dengan jumlah peserta 34 orang dan kloter terakhir yaitu tanggal 26 Mei 2024 yang akan berangkat hanya 6 orang,” imbuhnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya, calon jamaah haji termuda berusia 18 tahun 4 bulan atas nama Maritsa Aiko Wibisono. Sedangkan calon jamaah haji tertua atas nama Badriyah Wirjo Sudiro yang berusia 89 tahun.

Pihaknya memastikan semua calon jamaah haji dalam keadaan baik termasuk calon jamaah haji lansia. “Syarat kesehatan pun telah terpenuhi dan dinyatakan siap untuk berangkat,” tandasnya.

Jamaah haji kloter 47 ini akan diberangkatkan dari Embarkasi Donohudan menuju Jeddah, Arab Saudi pada 24 Mei 2024 pukul 23:30 WIB dan diperkirakan sampai di Arab Saudi pukul 08:00 Waktu Arab Saudi.