Daerah

Jema’ah Haji Pandeglang Ikuti Bimbingan Manasik

23
×

Jema’ah Haji Pandeglang Ikuti Bimbingan Manasik

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, PANDEGLANG – Jemaah haji asal Kabupaten Tangerang mengikuti bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang, kegiatan bimbingan manasik haji reguler 2024 di Pondok Pesantren Modern Darul Hasan Desa Bangkonol, Kecamatan Koroncong, Senin (6/5).

Kegiatan manasik haji diikuti oleh 957 calon jemaah yang dipastikan bakal berangkat ke tanah suci Makkah tahun 2024.

“Bapak ibu bukan lagi calon jemaah haji dan daftar tunggu haji, tapi sudah akan berangkat ke tanah suci, karena panggilan Allah SWT,” kata Nanang Fatchurrochman, Kepala Kanwil Kemenag Banten. Kepala Kemenag Kabupaten Pandeglang,

H Nanang Fatchurrochman memastikan, calon jemaah yang akan berangkat haji dalam kondisi sehat. Sebab, semua jemaah telah melakukan pemeriksaan istita’ah, sehingga secara jasmaniah sehat. Kemudian secara ruhaniah, pembekalan, dan keamanan untuk menunaikan ibadah haji juga baik.

“Kondisi kesehatan jemaah saat ini sehat. Semoga mereka sehat, karena haji itu ibadah fisik, jadi fisiknya harus kuat selamat, dan bisa kembali lagi ke Pandeglang,” harapnya.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji, dan Umrah Kemenag Kabupaten Pandeglang, H Mucholid mengatakan, kegiatan manasik haji dilaksanakan dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara terkait kebijakan pemerintah dalam hal pelaksanaan ibadah haji, serta penyelesaian seputar dokumen haji untuk persiapan keberangkatan haji tahun 2024. Dengan harapan manasik haji dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji.

“Manasik haji ini agar jemaah haji lebih paham dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji, karena materi yang diberikan pada manasik haji ini mengenai dokumen, fikih haji, perjalanan dari Indonesia ke Arab Saudi, dan kebijakan pemerintah Indonesia dan pemerintah Arab Saudi mengenai visa haji,” terangnya. ( Red/Yanadi).