Olahraga

Jay Idzes Pemain Timnas Indonesia Pertama yang Akan Main di Serie A

22
×

Jay Idzes Pemain Timnas Indonesia Pertama yang Akan Main di Serie A

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, BOLA — Keberhasilan Venezia meraih promosi ke Serie A tidak hanya menjadi kebanggaan bagi para penggemar sepak bola di Italia, tetapi juga membanggakan bagi pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, klub tersebut memiliki Jay Idzes, pemain Timnas Indonesia, yang akan merasakan atmosfer kasta tertinggi sepak bola Italia.

Venezia memastikan promosi ke Serie A setelah mengalahkan Cremonese di leg kedua final playoff Serie A pada Senin (3/6/2024) dini hari WIB. Dengan gol tunggal Christian Gytkjaer pada menit ke-24, Venezia berhasil menang dengan agregat 1-0, setelah sebelumnya bermain imbang 0-0 di leg pertama.

Jay Idzes akan menjadi pemain Timnas Indonesia pertama yang akan merasakan atmosfer Serie A. Keberhasilan Venezia promosi juga menambah daftar orang Indonesia yang berkiprah di Serie A.

Sebelumnya, Como 1907 juga memastikan promosi ke Serie A musim depan. Meskipun tidak diperkuat pemain Indonesia, klub tersebut dimiliki oleh orang Indonesia, Hartono Bersaudara, Robert Budi Hartono, dan Michael Hartono, pendiri Djarum Group.

Como 1907, yang dibeli oleh Hartono Bersaudara pada 2019, mulai bangkit dari Serie D hingga mencapai Serie A pada musim 2024/25. Klub ini juga diisi oleh mantan pesepakbola kelas dunia di jajaran petingginya, seperti Dennis Wise, Ces Fabregas, dan Thierry Henry.

Serie A juga dihiasi oleh beberapa pemain keturunan Indonesia, seperti Tijjani Reijnders bersama AC Milan dan Emil Audero. Keberadaan mereka di liga top Italia menjadi dorongan besar bagi pengembangan sepak bola Indonesia di tingkat internasional.