Olahraga

Timnas Inggris Coret James Maddison

7
×

Timnas Inggris Coret James Maddison

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, OLAHRAGA — James Maddison, gelandang serang Tottenham Hotspur, secara resmi dicoret dari skuad akhir Timnas Inggris untuk Euro 2024. Menurut laporan dari TalkSport, Maddison telah meninggalkan kamp pelatihan The Three Lions sebelum pertandingan persahabatan terakhir melawan Islandia di Wembley pada Sabtu (8/6/2024). Keputusan ini diambil menjelang keberangkatan skuad Inggris ke Jerman untuk mengikuti turnamen bergengsi tersebut.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, sebelumnya memanggil 33 pemain dalam skuad sementara untuk pertandingan persahabatan melawan Bosnia dan Herzegovina serta Islandia. Namun, ia harus memangkas daftar tersebut menjadi 26 pemain sesuai batas akhir pendaftaran pada Jumat (7/6/2024). Dalam proses pemangkasan ini, Maddison dipastikan tidak akan ikut serta dalam rombongan skuad Inggris.

Maddison sempat bermain dari bangku cadangan dalam kemenangan 3-0 Inggris atas Bosnia. Namun, pemain berusia 27 tahun ini gagal memberikan kontribusi signifikan bagi tim besutan Southgate. Hingga kini, Maddison baru mencatatkan 7 caps bersama Timnas Inggris dan sebelumnya masuk dalam skuad Three Lions pada Piala Dunia 2022. Sayangnya, ia tidak akan tampil di ajang Euro musim panas ini setelah Southgate memutuskan tidak memanggil Jordan Henderson dan Marcus Rashford ke dalam skuad awalnya.

Di level klub, Maddison menjalani musim yang baik bersama Tottenham Hotspur, mencetak 4 gol dan memberikan 9 assist di Liga Inggris musim 2023/24, meskipun sempat mengalami cedera engkel. Namun, performa tersebut tidak cukup untuk mengamankan tempat di skuad Inggris untuk Euro 2024.

Persaingan di posisi gelandang serang sangat ketat dengan pemain-pemain seperti Jude Bellingham, Phil Foden, dan Cole Palmer yang tampil impresif di klub masing-masing pada musim 2023/24. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan Southgate lebih memilih mereka dibandingkan Maddison.

Keputusan Southgate mencoret Maddison mengejutkan banyak pihak, mengingat kualitas dan kontribusinya di level klub. Namun, pelatih Timnas Inggris ini memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih pemain yang akan membawa Inggris berkompetisi di turnamen besar tersebut. Maddison kini akan menjadi penonton dari Timnas Inggris di Euro 2024, memberikan dukungan dari luar lapangan bagi rekan-rekannya.