Daerah

Achmad Herwandi: E-sport Jadi Sarana Kreativitas dan Cegah Kenakalan Milenial dan Gen-Z

12
×

Achmad Herwandi: E-sport Jadi Sarana Kreativitas dan Cegah Kenakalan Milenial dan Gen-Z

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, SERANG – E-sport bisa menjadi salah satu sarana mendorong kreativitas sekaligus mencegah kenalakan di kalangan milineal dan Gen-Z.

Apalagi e-sport sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan secara nasional bahkan dunia. Karenanya, komunitas e-sport di Kota Serang harus terus dikembangkan melalui pembinaan yang berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Bakal Calon Walikota Serang Achmad Herwandi dalam acara turnamen Esport Mobile Legend di Cafe Gerobak Titik Temu, Kaujon, Kota Serang, Sabtu 6 Juli 2024. D

“E-sport di Indonesia sangat pesat seiring dengan kemajuan tekhnologi. Ini sangat baik untuk menumbuhkan kreativitas anak muda, khususnya di Kota Serang,” ucap Herwandi.

Selain itu, e-sport bisa menjadi sarana bagi generasi muda mengalihkan dari tindakan kriminal.

“Kalau ini dibina, diarahkan menjadi kreativitas dan prestasi kan baik. Ini juga bisa mendorong pencegahan pada tindakan kenakalan remaja. Tinggal kita mau tidak merangkul mereka,” kata Herwandi.

Diketahui, e-sports merupakan bentuk kompetisi olahraga yang menggunakan video game. Esports pertama di Indonesia adalah turnamen video game bernama Super Mario Bros.

Turnamen tersebut berlangsung di Taman Hiburan Rakyat Surabaya pada tahun 1989. Saat ini, tempat penyelenggaraan esports pertama di Indonesia bernama Hi-Tec Mall di Surabaya.

Menurut Herwandi, Mobile Legend menjadi salah satu game yang masuk dalam turnamen esport internasional.

Diharapkan, Pemerintah Kota Serang memperhatikan terkait pembinaan pada cabang olah raga esport ini.

“Cabang olah raga ini sangat diminati milenial dan gen-z. Ini bisa untuk menjaring potensi lahirnya atlit esport berkualitas di Kota Serang yang cukup besar,” ujarnya.

Dalam turnamen betajuk e-sport Kota Serang ASIK ini para peserta memperubutkan hadiah jutaan rupiah.

Kata Herwandi, turnamen esport ini merupakan rangkaian dalam mendorong membangun masyarakat Kota Serang sehat melalui olahraga.

Sebelumnya, Herwandi menggelar Fun Football dengan bakal calon walikota lainnya. Yakni Nur Agis Aulia.

Pertandingan persahatan antara ASIK FC (Achmad Herwandi) vs Aje Megegeg FC (Nur Agis Aulia) berlangsung di lapangan Mini soccer, Cipocokjaya, Kota Serang, Jumat 5 Juli 2024.

Kemudian, pada Minggu 7 Juli 2024 akan menggelar Senam Kota Serang ASIK di Kawasan Stadion Maulana Yusuf.

Selain itu juga akan digelar Fun Badminton dengan empat bakal calon Walikota Kota Serang pada Rabu, 10 Juli 2024.