Olahraga

Kepergian Mats Hummels dari Borussia Dortmund Setelah 13 Tahun

33
×

Kepergian Mats Hummels dari Borussia Dortmund Setelah 13 Tahun

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, BOLA — Borussia Dortmund telah mengonfirmasi kepergian bek veteran Mats Hummels setelah menghabiskan 13 setengah tahun yang berkesan di klub. Hummels pertama kali bergabung dengan status pinjaman dari Bayern Munich pada Januari 2008 dan mencatatkan 508 penampilan dalam dua periode bersama Dortmund. Dia sempat meninggalkan klub pada 2016 sebelum kembali tiga tahun kemudian.

Bek berpengalaman ini telah meraih banyak penghargaan selama kariernya, termasuk dua gelar Bundesliga berturut-turut bersama Die Schwarzgelben pada tahun 2010-11 dan 2011-12. Hummels juga membantu Dortmund mencapai dua final Liga Champions, yang terakhir terjadi pada awal bulan ini saat Dortmund dikalahkan 2-0 oleh Real Madrid di Wembley.

Selama periode keduanya di Dortmund, Hummels tampil dalam 367 pertandingan Bundesliga, dengan 343 di antaranya sebagai starter. Dalam periode tersebut, Dortmund memenangkan 216 pertandingan dan mencatatkan 108 clean sheet. Selain itu, Hummels juga memenangkan tiga gelar Bundesliga bersama Bayern Munich dan Piala Dunia 2014 bersama tim nasional Jerman.

Kepergian Hummels merupakan kehilangan signifikan kedua bagi Dortmund dalam beberapa hari terakhir, setelah pelatih kepala Edin Terzic mengundurkan diri pada hari Kamis.

“Sebuah kehormatan dan kesenangan yang besar bagi saya untuk bermain bagi BVB begitu lama dan menjadi bagian dari perjalanan dari posisi ke-13 pada Januari 2008 hingga menjadi Borussia Dortmund seperti sekarang ini,” kata Hummels kepada situs resmi klub. “Klub ini dengan para pendukungnya adalah sesuatu yang sangat spesial – dan bagi saya, lebih dari itu. Saya juga ingin berterima kasih kepada semua karyawan BVB yang telah bekerja dengan baik untuk klub ini dan, tentu saja, para pelatih hebat yang tak terhitung jumlahnya dan rekan setim yang fantastis yang bisa saya alami di sini.

“Saya akan bersorak dari jauh dan semoga saja di stadion, dari waktu ke waktu. Saya akan merindukanmu.”

Direktur olahraga Sebastian Kehl menambahkan, “Dalam diri Mats Hummels, kita tidak diragukan lagi kehilangan seorang pribadi yang luar biasa, mungkin salah satu yang terakhir di dunia sepak bola. Mats tidak hanya membentuk BVB selama kariernya, tetapi juga membawa permainan bek tengah ke tingkat yang lebih tinggi di seluruh dunia. Selain itu, Mats adalah seorang pria sejati yang selalu menantang dirinya sendiri dan orang lain.”

Kepergian Hummels akan meninggalkan lubang besar dalam skuad Dortmund, baik di dalam maupun di luar lapangan. Warisannya sebagai salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki klub ini akan dikenang oleh penggemar dan rekan setimnya. Pengaruhnya terhadap perkembangan dan kejayaan Borussia Dortmund selama bertahun-tahun akan menjadi bagian integral dari sejarah klub ini.