Daerah

Pastikan Keamanan dan Kelancaran Sistem Zonasi, Dr. Nurdin Tinjau Langsung Proses PPDB SMPN

18
×

Pastikan Keamanan dan Kelancaran Sistem Zonasi, Dr. Nurdin Tinjau Langsung Proses PPDB SMPN

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, Kota Tangerang – Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin, melakukan tinjauan langsung ke SMPN 6 Kota Tangerang, terkait proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang dilakukan secara daring. Tinjauan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses PPDB di tengah penerapan zonasi.
 
Pj Wali Kota Tangerang, dalam kesempatannya, menyampaikan, sistem zonasi yang dimulai hari ini telah berjalan lancar. “Untuk pantauan zonasi, hari ini, alhamdulillah tadi saya memeriksa sistemnya semua sudah otomatisasi, indikator-indikator yang diukur jarak (ada di zona mana) yang kedua umur,” ujar Dr. Nurdin
 
Dalam tinjauan tersebut, Pj, juga menyampaikan, sempat teridentifikasi beberapa kendala teknis, seperti masalah tidak munculnya nilai, namun telah diatasi. 
 
“Secara keseluruhan berjalan baik, hanya ada kendala sedikit dan sudah dibantu oleh petugas secara manual,” imbuhnya.
 
Sementara untuk kuota PPDB di SMPN 6, Pj, menyebut rincian 5% untuk pindahan orang tua, 15% untuk afirmasi, 30% untuk prestasi, dan 50% untuk zonasi. Sementara itu, 2,5% kuota telah diperuntukkan bagi siswa berkebutuhan khusus
 
Untuk menjaga keamanan data selama proses PPDB, lanjut Dr. Nurdin, di Kota Tangerang menggunakan aplikasi lokal yang dijalankan melalui server Kota. Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan dari luar, sehingga proses PPDB dapat berjalan dengan aman dan terjamin.
 
“Kami terus melakukan pembaruan terkait manajemen informasi dengan mengacu pada sistem pemerintah berbasis elektronik, salah satunya adalah aspek keamanan data,” jelasnya.
 
Mantan Pj Bupati Aceh Jaya ini, juga berharap, dalam hal tata kelola informasi untuk masyarakat Kota Tangerang dapat terus ditingkatkan.
 
“Saya berharap dengan sistem zonasi yang berjalan lancar, proses PPDB yang aman dan terpercaya, serta tata kelola informasi yang terus ditingkatkan, kualitas pendidikan di SMPN 6 Kota Tangerang dan secara keseluruhan di Kota Tangerang dapat terus meningkat,” harap Dr. Nurdin. (Rls)