DaerahPemerintah

Pejabat Tinggi Pemkot Bandung Jalani Tes Kesehatan Fisik dan Psikologi

142
×

Pejabat Tinggi Pemkot Bandung Jalani Tes Kesehatan Fisik dan Psikologi

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menggelar tes kesehatan (medical check up) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemkot Bandung. Tes kesehatan ini dilakukan untuk memastikan para pejabat dalam kondisi sehat dalam menjalankan tugas pelayanan bagi masyarakat Kota Bandung.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna menyebut, kesehatan dan kebugaran merupakan hal utama dan penting sebagai bagian ASN dalam menjalankan tugas.

Tes kesehatan ini diharapkan dapat memberi gambaran mengenai kondisi fisik dan juga psikis para pejabat tinggi tersebut.

“Ini rangkaian dari kebijakan, di mana setiap ASN, apalagi seorang pejabat, harus dipastikan kesehatan dan kebugarannya. Hal ini bisa menjadi ukuran seseorang dalam menjalankan tugas,” ujar Ema saat memantau kegiatan Medical Check Up bagi ASN Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemkot Bandung di RSUD Bandung Kiwari, Kamis 22 Februari 2024.

Para pejabat yang mengikuti kegiatan ini adalah pejabat tinggi, yang di dalamnya terdapat Kepala Dinas, Kepala Badan, para Asisten Daerah, serta Staf Ahli.

Selain tes kesehatan fisik, para pejabat pimpinan tinggi ini juga mendapatkan tes psikotes untuk mengecek kesehatan psikis dan rohaninya.

“Di satu sisi jasmaninya bagus, rohaninya juga bagus. Supaya hadir keseimbangan antara lahir dan batinnya,” kata Ema menambahkan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung, Edy Marwoto mengaku kegiatan ini dapat menjadi refleksi kondisi fisik dan psikologis tiap pejabat. Hal ini disebutnya dapat menunjang performa maksimal dalam menjalankan tugas.

“Setidaknya setelah mengikuti medical check up, kami jadi tahu apa yang terjadi dengan jantung, paru-paru, atau kondisi fisik lainnya,” ujar Edy.

“Semoga hasilnya baik. Dan ini bermanfaat bagi kita dalam rangka menjalankan proses pemerintahan,” tuturmya. (Rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *