Nasional

PengMas Fak. Ekonomi dan Bisnis UMB untuk Transformasi Digital dan Profesionalisme dalam Akuntansi bagi Generasi Muda

41
×

PengMas Fak. Ekonomi dan Bisnis UMB untuk Transformasi Digital dan Profesionalisme dalam Akuntansi bagi Generasi Muda

Sebarkan artikel ini
PengMas-Fak.-Ekonomi-dan-Bisnis-UMB-untuk-Transformasi-Digital-dan-Profesionalisme-dalam-Akuntansi-bagi-Generasi-Muda-1
PengMas-Fak.-Ekonomi-dan-Bisnis-UMB-untuk-Transformasi-Digital-dan-Profesionalisme-dalam-Akuntansi-bagi-Generasi-Muda-2
PengMas-Fak.-Ekonomi-dan-Bisnis-UMB-untuk-Transformasi-Digital-dan-Profesionalisme-dalam-Akuntansi-bagi-Generasi-Muda-3

JAKARTA, detak.co.id – Kegiatan pengabdian masyarakat (PengMas) semester pertama tahun 2024 oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mercu Buana beserta beberapa mahasiswanya dilaksanakan di SMK Negeri 25 Jakarta, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (30/05/2024).

Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, sebagaimana dijelaskan koordinator Tim Dosen FEB-UMB Yananto Mahadi Putra, diselenggarakan oleh 9 (sembilan) tim Dosen FEB-UMB dan merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi serta menjadi bagian dari rangkaian kegiatan #UMBPeduliNegeri.

“Tujuannya memberikan transfer knowledge bagi masyarakat, sehingga pemahaman dan pengetahuan masyarakat dapat meningkat,” ungkap Yananto Mahadi Putra, S.E, M.Si., yang juga Kepala Bagian Publikasi LPPM UMB.

Yananto juga memaparkan, kegiatan PengMas kali ini mengangkat tema “Transformasi Digital dan Profesionalisme dalam Akuntansi untuk Generasi Muda”. Tujuannya, memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis dalam bidang akuntansi, pemasaran digital, dan etika profesional. Melalui kombinasi materi yang komprehensif, peserta akan dipersiapkan untuk menghadapi tantangan dan peluang dalam dunia bisnis dan profesi akuntansi yang semakin digital.

“Tema yang diambil ini sejalan pada visi dan misi UMB selaku Lembaga Pendidikan tinggi yang peduli pada peningkatan edukasi masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Yananto menjelaskan, kegiatan tersebut dilenggarakan dalam bentuk workshop, diawali dengan pengarahan dan sambutan dari pihak sekolah, diwakili oleh Wakil Kepala Bidang Hubungan Industri SMKN 25 Jakarta Sri Muji Rahayu, S.Pd., M.Pd. dan selanjutnya dibuka oleh Ketua LPPM Universitas Mercu Buana yang diwakili oleh Yananto Mihadi Putra.

“Rangkaian kegiatan workshop kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait oleh para dosen yang turut serta dalam acara tersebut,” jelas Yananto.

Pemaparan materi sesi pertama diawali oleh Fachrul Roza dan Suryadharma Sim menyampaikan materi dengan tema Penerapan Akuntansi dalam Bisnis dan Kegiatan Wirausaha Mikro dan Pelatihan Pembukuan Sederhana bagi Siswa Siswi SMKN 25 Jakarta.

Dalam pemaparannya, Fachrul Roza dan Suryadharma Sim menjelaskan tentang (i) Pengenalan dasar pembukuan untuk usaha kecil dan mikro, Konsep dasar akuntansi dalam kegiatan bisnis mikro, (ii) Penerapan praktis dalam simulasi bisnis, kemudian (iv) praktik langsung pencatatan transaksi harian. Materi tersebut merupakan implementasi praktis dari mata kuliah Pengantar Akuntansi.

Sementara itu, pada sesi kedua, dilanjutkan pemaparan tentang Akuntansi Syariah, oleh Ali Ridho dengan pemaparan matei tentang Sosialisasi dan aplikasi PSAK 409 Tahun 2024 Jo. PSAK 109 Tahun 2009 tentang akuntansi zakat, infak dan sedekah pada Lembaga Pengelola Zakat.

Dalam pemaparannya, Ali Ridho menjelaskan tentang (i) Pemahaman akuntansi zakat, infak, dan sedekah dan (ii) Aplikasi PSAK 409 Tahun 2024 Jo. PSAK 109 Tahun 2009 dalam lembaga pengelola zakat. Materi ini merupakan implementasi dari mata kuliah Akuntansi Syariah dan Lembaga Keuangan Syariah.

Sesi Ketiga, dilanjutkan penyampaian materi pelatihan penghitungan laba/rugi fiskal, dan Pelatihan Aplikasi Efaktur dan Web Efaktur untuk pelaporan PPN Masa Badan guna meningkatkan kemampuan praktis bagi pelajar SMKN 25 Jakarta, oleh Debbie Yohida dan M Syah Irsan.

Pemaparan Debbie Yoshida dan M. Syah Irsan menjelaskan (i) Dasar-dasar penghitungan laba/rugi fiscal, (ii) Penerapan dalam laporan keuangan, (iii) Pengenalan dan penggunaan EFAKTUR untuk pelaporan PPN dan (iv) Praktik langsung pembuatan faktur elektronik. Materi ini merupakan implementasi dari mata kuliah Perpajakan.

Pemaparan sesi keempat oleh Sofyan Halim yang menyampaikan materi tentang Berkarir sebagai Akuntan Profesional setelah menjadi alumni SMKN 25 Jakarta, serta penyampaian materi dari Swarmilah Hariani, tentang Pentingnya Integritas dan Moralitas Profesi dalam Menegakkan Independensi Profesi.

Dalam paparannya, Sofyan Halim dan Swarmilah Hariani menyampaikan (i) Persiapan Karir sebagai Akuntan Profesional setelah lulus dari SMKN 25 Jakarta, (ii) Tips dan trik dalam mengembangkan karir di bidang akuntansi, (iii) Kasus-kasus etika dalam praktik akuntansi, serta (iv) Diskusi tentang nilai-nilai integritas dan moralitas dalam profesi akuntansi. Materi ini merupakan implementasi dari mata kuliah Etika Profesi Akuntansi.

Kemudian, pada pemaparan sesi terakhir, penyampaian materi tentang Literasi Digital Marketing dan Digitalisasi Pelaporan Keuangan dengan Aplikasi Akuntansi untuk Meminimalisasi Potensi Terjadinya Fraud oleh Adib Faishol, Yananto Mihadi Putra dan Irwan. Dalam kesempatan tersebut Tim Marketing dari Universitas Mercu Buana menyampaikan pemaparan tentang kampus Universitas Mercu Buana.

Dalam pemaparannya Adib Faishol, Yananto Mihadi Putra, dan Irwan menyampaikan (i) Strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan, (ii) Penggunaan media sosial dan platform digital lainnya, (iii) Pengenalan aplikasi akuntansi untuk pelaporan keuangan, dan (iv) Praktik penggunaan aplikasi untuk meminimalisasi potensi fraud. Materi ini merupakan implementasi dari mata kuliah Manajemen Proses Bisnis, Komunikasi Bisnis, Sistem Informasi Akuntansi, dan Perangkat Lunak Akuntansi.

Diketahui, Tim Dosen yang mengikuti pelaksanaan acara tersebut adalah Yananto Mihadi Putra, S.E., M.Si.; Debbie Yoshida, S.Pd., S.E., M.Si.; Fachrul Roza, SE., M.Ak.; Ali Ridho, SE., M.Si.; Suryadharma Sim, S.E., M. Ak., CIBA., CPIR., CPHRM., HRBP., HRMP., CAPM., CAPF., CERA., CBV., CMA.; M. Syah Irsan, S.E., M.Si., Sofyan Halim, SE., M.Ak., C.A., Ak., ASEAN-CPA.; Swarmilah Hariani, Ph.D.; Irwan, S.E., M.Si, BKP.; Adib Faishol, S.E., MPA.; dan Yenny Dwi Handayani, SE., M.Ak.

#MercuBuana; #UMB; #UMBPeduliNegeri