Teknologi

Instagram Meluncurkan Fitur Baru untuk Memperketat Privasi

22
×

Instagram Meluncurkan Fitur Baru untuk Memperketat Privasi

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, Jakarta — Instagram baru-baru ini mengumumkan peluncuran fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk membatasi interaksi dengan orang-orang yang tidak ada dalam daftar teman dekat mereka. Fitur ini dirancang untuk memberikan pengguna kendali lebih besar atas siapa yang dapat berinteraksi dengan konten mereka di platform tersebut.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk hanya melihat komentar, pesan langsung (DM), balasan Instagram Story, tag, dan mention dari orang-orang yang telah ditambahkan ke daftar teman dekat mereka. Artinya, interaksi dari pengikut lainnya akan tetap ada, tetapi komentar dan pesan mereka tidak akan terlihat oleh orang lain.

Fitur ini ditujukan terutama untuk remaja, tetapi dapat digunakan oleh siapa pun yang ingin membatasi interaksi dengan orang-orang yang dianggap mengganggu.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna akan diingatkan untuk mematikannya dalam waktu yang telah ditentukan. Mereka juga dapat memilih untuk hanya membatasi interaksi dari pengikut baru dan/atau akun yang tidak diikuti.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk membatasi akun-akun tertentu tanpa harus memblokir mereka. Akun-akun ini tidak akan dapat melihat kapan pengguna online atau saat mereka membaca pesan. Pesan dari akun-akun ini juga akan dipindahkan ke permintaan pesan, bukan langsung masuk ke kotak masuk pesan.

Komentar baru dari akun-akun yang dibatasi akan hanya terlihat oleh pengguna dan akun tersebut. Saat mencoba menandai pengguna yang mengaktifkan fitur ini, akun tersebut akan melihat pesan yang mengatakan bahwa pengguna tidak mengizinkan semua orang melakukan hal ini.

Fitur ini menawarkan pengguna Instagram kontrol yang lebih besar atas interaksi mereka di platform tersebut, sehingga meningkatkan privasi dan kenyamanan mereka dalam menggunakan layanan sosial media tersebut.