Nasional

Hindari Macet Saat Mudik Lebaran 2024 dengan Memantau Arus Lalu Lintas Secara Online

14
×

Hindari Macet Saat Mudik Lebaran 2024 dengan Memantau Arus Lalu Lintas Secara Online

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, TEKNET — Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan mudik saat Lebaran 2024, memantau kelancaran arus lalu lintas bisa menjadi langkah cerdas untuk menghindari ruas jalan yang kemungkinan terjadi kepadatan.

Untungnya, kini Anda dapat memantau kondisi lalu lintas secara real-time melalui beberapa link CCTV yang tersedia secara online. Berikut adalah daftar link CCTV lalu lintas yang dapat Anda gunakan untuk memantau arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2024:

  1. CCTV live streaming RTTMC

Layanan CCTV live streaming pertama dapat diakses melalui website RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center) dari Kementerian Perhubungan. Di sini, Anda bisa memantau kondisi lalu lintas secara live dari kamera CCTV di lebih dari 30 lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan.

Salah satu contoh lokasi yang tersedia adalah jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk mengaksesnya, kunjungi tautan ini.

  1. CCTV live streaming ATCS Dishub

Cara lain untuk melihat kemacetan lalu lintas adalah melalui website Area Traffic Control System (ATCS) dari Dinas Perhubungan (Dishub) pada kota atau kabupaten tertentu.

Setiap kota atau kabupaten memiliki alamat website ATCS Dishub yang berbeda. Contohnya, Anda bisa mengakses link CCTV lalu lintas ATCS Dishub Kota Bandung di sini atau ATCS Dishub Yogyakarta di sini.

  1. CCTV live streaming Lewatmana.com

Layanan CCTV live streaming ketiga dapat diakses melalui website Lewatmana.com. Situs ini menyediakan tayangan CCTV lalu lintas di beberapa ruas jalan di wilayah DKI Jakarta, Bandung, Depok, Malang, dan Surabaya. Anda bisa mengaksesnya melalui tautan ini menggunakan browser.

  1. CCTV live streaming Travoy

Aplikasi Travoy, buatan Jasa Marga, juga menyediakan layanan CCTV live streaming untuk melihat kondisi kemacetan lalu lintas terkini di ruas-ruas jalan tol.

Anda bisa mengunduh aplikasi Travoy di Google Play Store atau App Store untuk mengakses layanan ini. Setelah membuka aplikasi, klik menu “Maps” dan temukan ikon kamera CCTV di ruas jalan tol untuk melihat siaran lalu lintas langsung.

  1. CCTV live streaming Tol Kita

Terakhir, aplikasi Tol Kita yang dikembangkan oleh BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR juga memiliki layanan serupa dengan Travoy.

Dengan mengunduh aplikasi Tol Kita, Anda dapat melihat siaran CCTV lalu lintas di ruas-ruas jalan tol secara langsung. Caranya, buka menu “CCTV” di aplikasi dan pilih ikon CCTV di ruas jalan tol yang ingin Anda pantau.

Dengan memanfaatkan layanan CCTV live streaming ini, Anda dapat lebih mudah memantau kondisi lalu lintas saat mudik Lebaran 2024.

Jika terjadi kemacetan di suatu ruas jalan, Anda dapat menghindarinya dengan memilih rute alternatif untuk perjalanan yang lebih lancar. Semoga perjalanan mudik Anda berjalan lancar dan selamat sampai tujuan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *