Scroll untuk baca Berita

Pasang Iklan, Advertorial dan Kirim Release, click here
Daerah

Tinjau Posyandu Cendrawasih 2, Ketua TP Posyandu Provinsi Banten: Enam SPM untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu

13
×

Tinjau Posyandu Cendrawasih 2, Ketua TP Posyandu Provinsi Banten: Enam SPM untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Posyandu

Sebarkan artikel ini

KOTA CILEGON, detak.co.id – Ketua Tim Pembina (TP) Posyandu Provinsi Banten Tinawati Andra Soni mengatakan, Enam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Posyandu untuk meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu kepada masyarakat. “Inovasi terhadap Enam SPM Posyandu tunjukkan komitmen terhadap Deklarasi New Posyandu oleh Tim Pembina Posyandu Pusat,” kata Tinawati Andra Soni saat meninjau inovasi Enam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Posyandu Cendrawasih 2, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Jum’at (9/5/2025)

Turut mendampingi Ketua TP Posyandu Kota Cilegon, Alfi Rizki Agnia Robinsar dan Camat Ciwandan Agus Aryadi. “Inovasi ini merupakan bukti nyata upaya transformasi pelayanan Posyandu sesuai dengan Deklarasi New Posyandu oleh Pemerintah Pusat,” ungkap Tinawati.

“Saya sangat mengapresiasi upaya Posyandu Cendrawasih 2 yang telah menghadirkan enam inovasi pelayanan sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Inovasi ini menunjukkan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Diketahui, Posyandu Cendrawasih 2 telah berhasil mengembangkan inovasi di enam bidang SPM, meliputi kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, sosial, serta ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat. Inovasi ini merupakan bagian dari transformasi pelayanan posyandu yang lebih modern dan holistik.

Dalam kesempatan itu, Tinawati dan rombongan juga meninjau Bazar Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan hasil produksi Kelompok Wanita Tani (KWT) dari TP PKK Kecamatan Ciwandan.

“Kreativitas dan inovasi yang ditunjukkan oleh para ibu-ibu di sini sangat luar biasa. Ini membuktikan bahwa posyandu tidak hanya menjadi pusat kesehatan, tetapi juga penggerak ekonomi keluarga dan masyarakat,” tambah Tinawati.

“Dengan berbagai inovasi ini, Posyandu Cendrawasih 2 diharapkan mampu menjadi contoh bagi Posyandu lain dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan turut mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal,” tambahnya.

Selain itu, pada kunjungannya Tinawati secara simbolis menyalurkan bantuan berupa tongkat bantu jalan untuk lansia yang diterima Masruhah, bibit tanaman cabai kepada Ketua Tim Pembina Posyandu Kelurahan, tas siaga kebencanaan kepada Kepala Kelurahan Tegal Ratu, serta bantuan telur untuk mencegah keluarga berisiko stunting yang diterima oleh Ketua Posyandu Cendrawasih 2.

Di kesempatan yang sama, Camat Ciwandan Agus Ariyadi menjelaskan bahwa Posyandu Cendrawasih 2 telah menerapkan seluruh standar pelayanan minimal dengan maksimal.

“Semua inovasi ini merupakan hasil kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Ketua TP Posyandu Kota Cilegon Alfi Rizki Agnia Robinsar beserta seluruh jajarannya,” jelas Agus.

Agus menuturkan, rincian inovasi yang diterapkan pada masing-masing bidang SPM di Posyandu Cendrawasih 2 antara lain: di bidang Kesehatan Inovasi Program “Cemia Pengin Minta Susu Perah” (Cegah Anemia dengan Pendampingan Minum Tablet Suplemen Penambah Darah) dan Pemberian PMT Lokal untuk BUMIL KEK dan Balita Stunting.

Sedangkan pada bidang Pendidikan diterapkan inovasi Program “BERSERI” (Balita Sehat, Rajin, Sejahtera dan Riang) dan “CERDAS” (Ciptakan Generasi Dahsyat dan Sejahtera). Bidang Pekerjaan Umum: Inovasi “BERSAMAKU KUAT” (Bersih, Rapi, Sehat Masyarakatku dengan Kesadaran Upaya Aksi Tertib) gerakan kolaboratif untuk menciptakan lingkungan bersih, sehat, dan lestari.

Selanjutnya, kata Agus, di Bidang Perumahan Rakyat diterapkan Inovasi “BERSELIH” (Bedah Rumah Sehat dan Lingkungan Hijau) – renovasi rumah tidak layak huni menjadi sehat, layak, dan ramah lingkungan. Pada bidang Sosial terdapat inovasi Program “SIAP BERSAMAMU” (Solidaritas Antar Penduduk Memberikan Santunan bagi Masyarakat Kurang Mampu) partisipasi warga untuk membantu sesama. Pada bidang Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat dijalankan inovasi Program “SIAGA SATU” (Sinergitas Jaga Lingkungan Santun Tertib yang Utama) dan “SIGANA” (Siaga Tanggap Bencana). (Zal)