Gaya HidupKesehatan

Bukan Kolesterol, Dua Penyakit Ini Serang Pasca Lebaran

37
×

Bukan Kolesterol, Dua Penyakit Ini Serang Pasca Lebaran

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, Jakarta — Banyak olahan daging dan santan menggugah selera saat momen Lebaram. Meski lezat, Anda perlu sadari bahaya penyakit yang mengintai usai banyak menyantap menu masakan olahan itu.

Bukan kolesterol, ada sejumlah penyakit yang mengancam pasca lebaran ini. Kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Doddy Rizky Nugraha, Sp.PD., ada dua penyakit yang bisa jadi ancaman usai momen lebaran ini.

Salah satunya pneumonia atau infeksi paru-paru. Diakuinya penyakit itu bisa jadi ancaman. Mungkin membawa kuman, virus dan bakteri.

“Kita ini gak nyadar kalau kita bawa kuman, atau kita yang akan terinfeksi kuman,” ujar Doddy di akun Instagram pribadinya, @dr.doddyrizki, Senin (15/4/2024).

Doddy menuturkan penyakit ini berisiko menyerang generasi muda hingga tua. Ini sebab sistem imun tubuh mereka yang lemah hingga belum stabil jadi mudah terpapar virus dan bakteri.

“Biasanya pada lansia, daya tahan mulai menurun. Kalau pada generasi muda alias bayi, justru sistem imunnya malah belum muncul,” sambungnya.

Selain pneumenia, infeksi virus terselubung juga mengancam usai momen lebaran. Penyakit itu ialah cacar, campak, hingga gondongan dan tentu bisa menular.

Doddy mengimbau agar masyarakat lebih waspada di momen lebaran ini. Selalu menjaga kebersihan, dan memakai masker saat bersilaturahmi. Ini cara pencegahan tepat agar tak terpapar dua penyakit di atas.

“Kalau ada yang batuk kita tahu diri, karena tanpa disadari kita bisa menularkan ke dua generasi itu,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *