NasionalPemerintah

Perkuat Kerja Sama Internasional, Delegasi BNN Study Visit ke National Targeting Center AS

48
×

Perkuat Kerja Sama Internasional, Delegasi BNN Study Visit ke National Targeting Center AS

Sebarkan artikel ini

detak.co.id,  Jakarta – Delegasi Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan study visit ke National Targeting Center (NTC) yang dikelola oleh U.S. Customs and Border Protection, Rabu (15/5). Kunjungan ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama internasional dalam upaya peningkatan pengawasan peredaran gelap narkotika.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNN RI Komjen Pol. Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., bersama Deputi Pemberantasan, Deputi Hukum dan Kerja Sama, Direktur Psikotropika dan Prekursor, Kepala Pusat Penelitian Data dan Informasi (Puslidatin), serta Analis Rancangan Naskah Perjanjian (RNP), melihat sarana dan prasarana pusat pemantauan yang tersedia di NTC.

Diketahui, NTC merupakan sebuah divisi yang berperan penting dalam mengidentifikasi, penargetan, penyaringan, dan intersepsi penumpang maupun barang masuk ke Amerika Serikat. Ia dibentuk sebagai respons atas serangan teroris pada 11 September 2001, dengan tujuan untuk mencegah terulangnya serangan serupa.

Sejak berdiri, NTC telah mengalami perkembangan signifikan dalam pengawasan masuknya orang dan barang ke Amerika Serikat. Beberapa langkah penting diambil termasuk melakukan inspeksi fisik kapal (vetting), pemeriksaan dan pendataan detail terhadap seluruh kargo yang masuk ke Amerika Serikat pasca insiden bom cartridge printer tahun 2010.