Gaya Hidup

Ramah Lingkungan, Cara Sederhana Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

25
×

Ramah Lingkungan, Cara Sederhana Mengusir Kecoa dengan Bahan Alami

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, WOOW – Kecoak, seringkali dianggap sebagai hama rumah yang mengganggu, kini memiliki musuh baru: jeruk nipis dan mentimun. Dalam sebuah penelitian terbaru, telah ditemukan bahwa campuran perasan jeruk nipis dan mentimun sangat efektif dalam mengusir kecoa dari rumah-rumah.

Tradisi menggunakan insektisida semprot untuk mengatasi kecoa mungkin akan bergeser dengan solusi alami yang lebih ramah lingkungan. Hasil penelitian yang dikutip dari “Uji Efektivitas Kombinasi Perasan Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) dan Mentimun (Cucumis sativus L.) terhadap Mortalitas Kecoa” karya Irwan dan Akuba M menunjukkan bahwa campuran sederhana ini memiliki efek yang menjanjikan dalam mengusir hama rumah ini.

Jeruk nipis dan mentimun, dua bahan yang umumnya tersedia di dapur setiap rumah, bisa menjadi senjata ampuh melawan kecoa. Cara pembuatannya pun cukup sederhana.

  • Ambil ½ kg jeruk nipis dan peras hingga mendapatkan sekitar 150 ml air perasan.
  • Ambil ½ buah mentimun, kupas, keluarkan bijinya, potong kecil-kecil, lalu blender dan peras dengan kain untuk mendapatkan hasil perasannya.

Campurkan air perasan jeruk nipis dan perasan mentimun yang telah disiapkan tadi.

Semprotkan campuran ini ke area-area yang sering menjadi tempat bersarangnya kecoa, seperti di dapur, saluran pembuangan, dan sekitar tempat sampah.

Kombinasi sederhana ini terbukti efektif dalam mengusir kecoa tanpa harus mengandalkan bahan kimia berbahaya. Selain itu, solusi alami ini juga lebih aman untuk kesehatan penghuni rumah dan lingkungan sekitar.