Teknologi

Mengatasi Konsumsi Baterai Berlebih pada Ponsel Android

27
×

Mengatasi Konsumsi Baterai Berlebih pada Ponsel Android

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, TEKNET — Ponsel Android yang konsumsi baterainya terlalu cepat dapat menjadi masalah yang mengganggu pengalaman pengguna sehari-hari. Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini, tetapi dengan pemahaman yang tepat dan tindakan yang sesuai, Anda dapat mengatasi permasalahan tersebut. Berikut adalah beberapa tips dan trik efektif untuk mengatasi konsumsi baterai berlebih pada ponsel Android Anda.

  1. Perbarui Perangkat ke Android 10
    Banyak ponsel saat ini sudah menjalankan Android 10, yang memiliki fitur manajemen daya yang sangat baik. Fitur seperti Baterai Adaptif membantu membatasi aplikasi latar belakang, memperpanjang masa pakai baterai. Pastikan perangkat Anda sudah diperbarui ke versi Android 10 atau versi yang lebih baru untuk menikmati manfaat fitur-fitur tersebut.
  2. Periksa Aplikasi Penggunaan Baterai
    Untuk melihat aplikasi mana yang menghabiskan daya baterai Anda, buka Pengaturan > Baterai > Penggunaan Baterai. Daftar ini memberikan informasi detil mengenai konsumsi baterai setiap aplikasi. Perhatikan aplikasi yang tidak dikenali atau yang menggunakan persentase daya yang signifikan. Pertimbangkan untuk membatasi atau menghapus aplikasi yang tidak perlu.
  3. Monitor Penggunaan RAM
    Penggunaan RAM yang tinggi oleh aplikasi dapat mengurangi performa ponsel dan mempengaruhi daya tahan baterai. Aktifkan opsi Pengembang dengan mengetuk tujuh kali pada “Build number” di Pengaturan > Sistem > Tentang telepon. Cek aplikasi mana yang mendominasi memori ponsel di Pengaturan > Opsi Pengembang > Layanan yang berjalan. Hentikan aplikasi yang tidak diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM.
  4. Hentikan Aplikasi Background
    Identifikasi aplikasi latar belakang yang tidak perlu dan hentikan atau copot pemasangannya melalui Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Aplikasi. Pastikan untuk tidak menutup layanan yang kritis untuk operasi normal ponsel. Reboot ponsel jika diperlukan setelah menghentikan aplikasi.
  5. Batasi Aplikasi Background
    Jika ingin tetap menggunakan aplikasi dengan permintaan tinggi, pertimbangkan untuk membatasi aktivitasnya. Beberapa ponsel memiliki opsi bawaan untuk mengelola aplikasi latar belakang. Gunakan opsi ini untuk membatasi peluncuran aplikasi tertentu dan mengoptimalkan penggunaan daya.
  6. Gunakan Aplikasi Pengelola Daya
    Aplikasi pengelola daya seperti Greenify dapat membantu mengoptimalkan penggunaan daya aplikasi. Namun, gunakan dengan hati-hati dan pastikan untuk membaca ulasan serta informasi terkait kompatibilitas dengan perangkat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *