Gaya HidupKesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Lambung saat Puasa

29
×

Tips Menjaga Kesehatan Lambung saat Puasa

Sebarkan artikel ini

detak.co.id, WOOW — Bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah puasa.

Namun, bagi sebagian orang dengan kondisi lambung yang sensitif, berpuasa dapat menimbulkan beberapa gejala yang tidak nyaman seperti perih, mual, dan kembung.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu merawat lambung saat menjalankan ibadah puasa:

  1. Perhatikan Asupan Makanan

Sahur: Pilihlah makanan yang kaya serat, protein, dan karbohidrat kompleks. Hindari makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan. Pastikan untuk mengonsumsi minimal 2 gelas air putih saat sahur.

Berbuka: Hindari makan berlebihan saat berbuka. Mulailah dengan makanan ringan seperti kurma, kemudian lanjutkan dengan makanan utama setelah beberapa saat. Kunyah makanan dengan perlahan untuk mencegah terjadinya gangguan lambung.

  1. Hindari Pemicu Asam Lambung

Hindari konsumsi kopi, teh, soda, alkohol, makanan pedas, asam, berlemak, cokelat, makanan dan minuman bersoda, serta permen karet yang dapat memicu peningkatan produksi asam lambung.

  1. Perhatikan Minum Air

Pastikan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari, di luar waktu makan. Hindari minuman dingin, bersoda, dan berkafein. Saat sahur dan berbuka, disarankan untuk minum air putih hangat untuk menghindari iritasi pada lambung.

  1. Kelola Stres

Ketegangan dan stres dapat meningkatkan produksi asam lambung. Lakukan aktivitas yang dapat membantu mengelola stres seperti meditasi, yoga, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

  1. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, yaitu 7-8 jam per hari. Kurang tidur dapat memperparah masalah lambung dan mengganggu kenyamanan saat berpuasa.

  1. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda memiliki masalah lambung yang serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai ibadah puasa. Dokter akan memberikan saran yang terbaik untuk menjaga kesehatan lambung Anda selama bulan Ramadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *